Header Ads

Wasit Senior Italia Perlu Kerja Ekstra Keras Jika Melanjutkan Seria A

Kondisi saat sebelum Liga Serie A terdampak pandemi Virus Corona
Sportsartikel.com - Nicola Rizzoli, wasit senior Serie A menjelaskan betapa sulitnya melanjutkan sisa kompetisi musim ini. Diperlukan banyak penyesuaian serta protokol kesehatan luar biasa ketat terpaut pandemi virus corona COVID-19.

Saat ini klub-klub Serie A mulai bersiap menempuh latihan bertahap. Sepekan terakhir para pemain mulai menempuh uji kedokteran buat memastikan keadaan mereka aman dari virus corona Covid-19.

Jika segalanya berjalan lancar, seharusnya para pemain bisa kembali berlatih mulai pekan depan, apalagi akhir pekan ini. Tentu mereka tidak boleh langsung berlatih bersama tim, wajib bertahap mulai dari latihan orang, kelompok kecil, hingga kesimpulannya latihan penuh.

Menunggu sekitar satu bulan lagi buat mengawali pertandingan tampak terlalu lama dan bertele-tele, tap Rizzoli menegaskan masih ada sebagian permasalahan yang wajib dituntaskan. Hingga saat ini, belum terdapat protokol yang jelas untuk mulai menggelar pertandingan Serie A lagi.

"Kami harus mengawali dengan perilaku yang berbeda, spesialnya saat bicara soal social distancing, pasti demi menjauhi resiko," ucap Rizzoli kepada Football Italia.

"Kami juga membutuhkan langkah-langkah perubahan perilaku yang tepat, yang saya harap dapat jadi hal positif bagi semua orang. Saat ini kami masih bekerja bersama UEFA dan liga-liga mayor yang lain buat merancang kode perilaku," ucapnya lagi.

5 Pergantian Pemain

Perubahan perilaku yang dimaksud Rizzoli di atas adalah tentang kebiasaan-kebiasaan pemain, staf, pelatih, serta penyelenggara pertandingan di stadion. Saat ini mereka harus membatasi kebiasaan-kebiasaan itu.

"Kami juga masih mencari cara untuk mengurangi resiko seminimal mungkin, misalnya biasanya ada 4 orang di ruang VAR, saat ini cuma hanya boleh 3 orang, semuanya wajib menggunakan masker dan sarung tangan," sambung Rizzoli.

"Saya yakin FIFA akan mengizinkan 5 pergantian pemain. Pada tahap ini, musim akan dilanjutkan dalam kondisi sulit, jadwal padat, temperatur besar."

"Kita semua wajib saling menolong," tandasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.