Header Ads

Pebulutangkis Tontowi Ingin Mundur dari Pelatnas

Tontowi Ahmad pemain bulu tangkis asal Indonesia mendapatkan medali emas saat di olimpiade 2016
Sportsartikel.com - Pemain spesialis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dikabarkan ingin mundur dari Pelatnas PBSI. Hal ini disampaikan langsung pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI, Richard Mainaky.

Richard mengatakan Tontowi Ahmad menyampaikan rencananya tersebut melalui pesan WhatsApp pada 11 Februari 2020. Tontowi mengatakan akan membahas rencananya tersebut dengan Richard saat bertemu di Pelatnas Cipayung.

"Jadi Owi (panggilan Tontowi) menghubungi saya melalui WA sekitar seminggu lalu. Dia bilang akan mundur setelah kontraknya (dengan Li Ning) habis pada awal Maret nanti. Katanya dia ingin pensiun," kata Richard saat dihubungi Sportsartikel.com, Senin (24/2/2020).

"Tapi, saya belum tahu alasannya secara detail, karena belum bertemu langsung. Rencananya Owi mau mengajak bertemu, tapi waktunya masih dicari yang tepat," imbuh Richard.

Tontowi Ahmad saat ini belum ikut berlatih bersama rekan-rekannya karena sakit tifus masih menjalani pemulihan. Faktor itulah yang membuatnya batal turun di kancah Barcelona Masters 2020.

Tontowi Ahmad yang akan berpasangan dengan Apriyani Rahayu untuk bertanding di turnamen level Super 300 tersebut. Apalagi, di saat bersamaan Apriyani juga turun di nomor ganda putri bersama Greysia Polii. Ganda putri terbaik Indonesia tersebut akhirnya merebut gelar juara.

Tingkat Sulit
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Apriyani Rahayu, saat menghadapi ganda Inggris, Chris Adcock dan Gabrielle Adcock, pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora Jakarta.
Saat dihubungi Sportsartikel.com untuk dimintai konformasi, telepon Tontowi Ahmad sedang tidak aktif. Jadi, belum bisa dipastikan apa alasan yang memicu rencana Tontowi Ahmad ingin mundur dari Pelatnas PBSI sekaligus pensiun.

Tontowi Ahmad mengalami fase sulit dalam setahun terakhir setelah partnernya, Liliyana Natsir, pensiun pada Januari tahun lalu. Liliyana gantung raket setelah menjadi runner up pada Indonesia Masters 2019.

Bersama Liliyana, Tontowi Ahmad meraih berbagai gelar bergengsi mulai Indonesia Open, All England, Kejuaraan Dunia, hingga medali emas Olimpiade 2016.

Setelah ditinggal Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad sempat dipasangkan dengan Winny Oktavina Kandow. Namun, pasangan tersebut belum bisa menunjukkan performa terbaik. Terakhir, pasangan Tontowi/Winny menempati peringkat ke-15 dunia.

Richard Mainaky kemudian mencoba memasangkan Tontowi dengan Apriyani Rahayu. Artinya, Apriyani bermain rangkap di sektor ganda putri dan ganda campuran. Keduanya sudah tampil di Indonesia Masters 2020.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.